Dari Iseng
Jepret
Sampai Jadi
Ladang Cuan
Berawal
dari adanya tren hopping pada 2019, seorang pria bernama Denny Firmansyah yang
mendokumentasikan kegiatan nongkrong-nya tersebut yang kemudian ia upload pada instagram miliknya.
Hopping adalah suatu tren pada tahun 2019 yang mana hopping sendiri adalah suatu kegiatan berpindah-pindah dari satu coffee shop ke coffee shop lainnya dalam satu waktu atau sekali jalan. Suatu trend yang menjamur di kawasan Asia yang kemudian menyebar sampai ke Indonesia dengan disiasati dengan ajakan kongkow atau lebih dikenal dengan sebutan nongkrong.
Denny mengawali kegiatannya itu sembari berjalan pagi menyusuri jalanan sekitar karena selain menyukai nongkrong pria berkacamata itu juga suka berjalan kaki. Di ttengah perjalanannya itu Denny menemukan coffee shop baru yang memutuskan untuk mendokumentasikan dan mempostingnya pada instagram miliknya.
Pada awalnya anak kedua dari tiga bersaudara yang lahir pada 23 April 1998 di Bandung melakukan hal ini hanya sekedar iseng semata namun seiring berjalannya waktu ia merasa kegiatannya ini bisa menjadi suatu hal yang menguntungkan baik untuk dirinya maupun coffee shop yang ia datangi.
Sampai akhirnya dengan konsistensi yang ia lakukan, dirinya memutuskan untuk menjadi menjadi coffee hopper profesional dan terpercaya. Akunnya yang memberikan rekomendasi tempat nongkrong terbaru bagi para pengikut instagram-nya.
Namun jalan pria penyuka warna biru untuk menjadi coffee hopper profesional tak semulus seperti yang kita kira. Seperti kata pepatah semakin tinggi pohon akan semakin kencang pula terpaan angin yang datang.
Ia dihadapkan dengan berbagai cemoohan yang datang dari orang-orang, bahkan ia mendapatkan cemoohan dari sahabatnya sendiri. Namun semua cemoohan yang datang menghampirinya itu, tak membuat pria penyuka warna tosca itu menjadi down karena cemoohan yang hadir tidak ia hiraukan ujarnya pada Rabu (10/01/2024) di coffee bawa studio.
Justru cemoohan yang datang
menghampirinya itu menjadi motivasinya untuk terus konsisten mendokumentasikan
tempat-tempat nongkrong terbaru.
Segala konsistensi yang dilakukannya itu karena ia mencintai kegaiatannya ini terlebih lagi ia menyukai perpaduan antara foto, tempat dan juga kopi ujarnya. Hal ini yang membuat ia enjoy saat melakukan kegiatannya ini.
Perjalanan menjadi coffee hopper Denny mulai sejak tiga tahun lalu atau tepatnya pada April 2020. Dengan konsistensi selama tiga tahun membuat ia memiliki 24,7 ribu pada instagramnya yang bernama @acaffeinmen. Jumlah pengikut tersebut terbilang cukup besar dan ia memperoleh insight dan viewers yang tinggi pada setiap konten yang dibuat .
Denny memiliki keunggulan sebagai coffee hopper karena ia selalu tahu lebih dulu seputar coffee shop terbaru. Tingginya jumlah viewers yang ia peroleh pada setiap kontennya itu membuat banyak coffee shop baru yang ingin menggunakan jasanya dalam mempromosikan coffee shop-nya dan Denny selalu berhasil menarik massa untuk datang pada coffee shop yang ia promosikan.
Jumlah pengikut yang ia miliki itu membuat rate card yang ia tawarkan pada coffee shop yang ingin menggunakan jasanya untuk mempromosikan bisa dikatakan cukup besar. Angkanya berada pada kisaran Rp500.000 - Rp1.700.00. Namun tarif itu setimpal dengan layanan dan feedback yang diperoleh pemilik coffee shop.
Namun, ketenaran yang Denny dapatkan
tak membuatnya menjadi seorang yang keras kepala dan sombong diri. Hal tersebut
justru membuat ia menjadi orang yang dikenal baik dan suka berbagi job di kalangan teman-temannya.
(Muhammad Nur Alief Fathansyah -10080022080)
Komentar
Posting Komentar